Custom Search

Kirimkan Donasimu Untuk Palestina

Sunday, November 30, 2008

Makin Keren Pakai Linux

Awalnya karena penasaran sama versi desktop environment-nya linux mint, saya mencoba untuk mendownload dan menginstall semua versi yang ada. Setelah puas mencoba semua versi maka saya akhirnya memutuskan versi KDE menjadi pilihan buat Desktop PC saya sedangkan versi GNOME untuk Netbook.

Dari hasil coba-coba semua versi desktop environment Linux Mint, saya baru tahu kalau ternyata versi desktop environment dari Linux itu cukup banyak pilihannya, ada GNOME, KDE, Xfce serta LXDE. Memang tidak semua Distro linux mengembangkan keempat desktop environment tersebut.

Desktop environment lah yang membuat tampilan layar linux tidak seperti dulu, dimana pada awalnya linux hanya menggunakan terminal/konsol berupa perintah-perintah (command line) yang memang harus dimengerti oleh si pengguna, sama seperti DOS nya Microsoft jaman dulu.

GNOME dan KDE adalah dua versi yang lazim dipakai oleh linuxer newbie seperti saya, karena mudah dalam instalasi dan cantik dalam penampilan disertai efek-efek yang menurut saya keren banget, dari mulai efek air, kubus, transparan (model aeronya windows vista) belum lagi tampilan icon-icon yang bisa diganti warna dan bentuknya, waahh pokoknya banyak deh, kalau belum dicobain belum tahu dan nggak akan penasaran. Tapi kalau sudah kita cobain, linux bisa bikin penasaran dan kecanduan.











Saat ini, KDE sudah mencapai versi 4.1 dan GNOME sudah merilis versi 2.24 dengan tampilan yang semakin cantik, disertai fitur-fitur modern.

Disamping kedua versi tersebut diatas, ada lagi versi Xfce yang lebih ramah hardware karena membutuhkan memori yang tidak terlalu besar cukup dengan 200 mb sehingga komputer dapat berjalan dengan lebih cepat tanpa melupakan faktor keindahan dan kekuatan dari aplikasi-aplikasi pendukungnya.

Bila kita merasa Xfce masih kurang ringan, ada lagi versi LXDE yang merupakan versi desktop yang sangat ringan yang hanya menghabiskan memory sebesar 30 mb sehingga akan sangat santai berjalan pada komputer yang hanya memakai RAM 256 mb.

Sebenarnya masih ada lagi desktop environment diluar keempat yang saya sebut diatas, masih ada ROX, Étoilé, EDE bahkan yang lebih enteng lagi hanya berupa window manager (tidak full environment).

Kelebihan lain dari aplikasi-aplikasi linux adalah kemampuannya untuk lebih cepat memenuhi kebutuhan dari para penggunanya, karena didukung oleh komunitas linux yang ikut mengembangkan aplikasi-aplikasi tersebut, ditambah lagi dengan ketersediaan sumber aplikasi tersebut untuk dapat dikembangkan sesuai kebutuhan.

Dengan tidak bosan-bosannya, saya menghimbau teman-teman yang masih menggunakan software bajakan, segeralah beralih ke linux atau open source lainnya. Jadilah bagian dari aplikasi yang anda gunakan, walaupun hanya sekedar memberi bug report pada komunitas distro pilihan kita. Sekarang ini kecenderungan pemakaian open source sudah cukup meningkat, bahkan banyak lingkungan bisnis yang sudah menggunakannya, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa dimasa datang, para calon pekerja yang mengerti dan paham linux lah yang dicari.

No comments:

Submit This Blog

Add to Technorati Favorites Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Free Web Hosting with Website Builder