Custom Search

Kirimkan Donasimu Untuk Palestina

Wednesday, November 19, 2008

Linux Mint Pilihanku

Akhirnya setelah melalui masa pencarian yang panjang, sementara waktu ini saya memutuskan untuk menggunakan Linux Mint 5 atau yang dikenal dengan nama Elyssa untuk netbook kesayanganku zyrex ubud.

CD installernya saya dapat dari majalah info linux edisi 09 tahun 2008. Setelah saya mencoba live cdnya, lumayan cepat, wifi langsung kenal, pokoknya begitu dah kenal wifi, saya sudah langsung ingin mencoba menginstallnya. Tapi tidak hanya disitu. Pilihan aplikasinya termasuk berbobot, diantaranya penyediaan Open Office, serta dilengkapi aplikasi Wine untuk yang masih belum bisa melepaskan pandangannya dari Jendela.

Yang lebih asyik lagi, pada start menu si Elyssa ini sudah ada link ke Software Portalnya Linux Mint, mau cari aplikasi apa saja, tinggal ketik - cari - install bagi yang masih awam pakai Linux tidak direpotkan lagi dengan urusan terminal apt-get .... Bahkan lebih mudah dari menggunakan Synaptic yang menurut saya sudah sangat memudahkan Linux Newbie seperti saya ini. Satu hal yang paling asyik dan paling penting, semua aplikasinya Gratis dan Legal.

Secara distro ini masih turunan Ubuntu Hardy, otomatis semua aplikasi Hardy hampir semuanya pasti bisa dijalankan di Linux Mint. Juga karena masih turunan Hardy, jadi supportnya ikutan lama deh mengikuti induknya sampai 2011 (CMIIW). Aman deh.

Ayo siapa lagi yang mau pakai open source, gratis dan legal..... dipilih ... dipilih ... dipilih, sayang anak, sayang duit, gratis tinggal pilih. :-)

1 comment:

fery said...

klo boleh tau edisi linux mint nya yg mn pa?sy jg make ubud,tp lg bingung nyari os yg pas aja

Submit This Blog

Add to Technorati Favorites Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Free Web Hosting with Website Builder