Custom Search

Kirimkan Donasimu Untuk Palestina

Sunday, December 7, 2008

Zyrex Ubud Pakai Ubuntu 8.10 Dikawin sama Ubuntu Studio

Paling tidak enak jadi orang yang terlambat, apalagi kalau terlambat informasi. Saya baru tahu, kalau ternyata Ubuntu 8.10 yang dipanggil intrepid ibex atau domba padang pasir sudah mendukung netbook kesayanganku zyrex ubud. Kernel 2.6.27 yang dipakai sudah mendukung via chipset.


Jadi senang hati ini, langsung saja saya download tuh si Intrepid, karena bandwith yang saya pakai murah meriah, jadi sambil download saya tinggal tidur, lumayan juga nunggu sekitar 5 jam, jadi lebih baik ditinggal tidur (niat banget yah). Sebenarnya sudah ada yang jual CD/DVD distro2 linux tapi memang masih sedikit sekali di Indonesia. Bagi yang berminat membeli bisa mencari di Gudang Linux atau melakukan pemesanan via telpon.

Saya lanjutin yah, jadi setelah saya selesai download dan saya burn itu file ke CD, saya langsung install deh di netbook kesayangan saya (maklum cuma satu2 nya).

Instalasi berjalan lancar, tanpa harus mengubah pilihan Layar seperti pada instalasi ubuntu sebelumnya. Walaupun masih terdapat bug, namun semua tahapan instalasi dapat berjalan dengan mulus. Sambil menunggu proses instalasi selesai, saya melihat-lihat review dari versi ubuntu yang lain. Ternyata ada satu versi ubuntu yang membuat saya jadi lebih penasaran lagi, Ubuntu Studio.

Ubuntu studio adalah turunan/kembangan lain dari ubuntu yang memang mengkhususkan untuk aplikasi multimedia. Waah, nggak pake lama lagi, langsung saya download tuh file iso nya. Beneran lho saya jadi ketagihan buat mencoba-coba versi linux yang ada. Mudah-mudahan cara saya ini tidak membuat harddisk saya crash karena sering di format dan di install ulang.

Selesai proses instalasi, seperti biasa si Ubud minta di restart. Setelah masuk kembali saya coba lihat apa sih yang baru dari si Intrepid Ibex ini. Sepertinya saya melihat tidak terlalu banyak perubahan dalam aplikasi yang disertakan. Tapi ada satu yang sepertinya cukup layak untuk di coba, ada satu aplikasi untuk membuat USB Startup Disk, aplikasi ini belum pernah disertakan pada ubuntu versi sebelumnya.

Belum sehari saya mencoba ubuntu intrepid ini, langsung saya coba untuk upgrade ke ubuntu studio. Lewat dokter google saya menemukan berbagai macam cara untuk bisa upgrade ke ubuntu studio, salah satu cara yang saya pakai akan saya coba ceritakan disini.

Pertama kita booting dulu, sampai kita masuk ke Ubuntu intrepid, lalu untuk mendapatkan repository dari ubuntu studio, masukkan DVD yang berisi installer Ubuntu Studio, kemudian buka aplikasi Terminal, dan masukkan perintah berikut :

# sudo apt-get install aptoncd

Setelah itu, untuk melakukan instalasi upgrade ke ubuntu studio masukkan perintah dibawah ini:

# sudo apt-get install ubuntustudio-desktop ubuntustudio-audio ubuntustudio-audio-plugins ubuntustudio-graphics ubuntustudio-video ubuntustudio-artwork ubuntustudio-gdm-theme ubuntustudio-icon-theme ubuntustudio-look ubuntustudio-session-splashes ubuntustudio-sounds ubuntustudio-screensaver ubuntustudio-theme ubuntustudio-wallpapers usplash-theme-ubuntustudio

Proses upgrade ini berjalan sekitar 30 menitan, tergantung besar bandwith (dalam proses instalasi, linux juga melakukan update) dan hardware yang kita pakai. Setelah proses selesai, keluar dari terminal dan lakukan restart. Maka jadilah desktop kita suatu perpaduan antara ubuntu 8.10 original alias si Intrepid Ibex yang dikawinkan dengan Ubuntu Studio, Keren bangetsss.

Aplikasi yang disertakan dalam ubuntu studio, benar-benar untuk profesional artist, mulai dari graphic, audio dan video, yang kesemuanya komplit dari mulai viewer/player, sampai aplikasi editing. Dan tetap masih gratis plus legal.

Kecintaan saya kepada opensource semakin bertambah deh. Saya semakin sering pakai linux dibanding microsoft. Walaupun ditempat saya bekerja, komputernya menggunakan dual boot Vista dan Linux, saya lebih suka menggunakan linux karena lebih enteng dan bebas virus, jadi saya tidak pernah takut transfer data pakai usb flash disk, walaupun dikantor sedang terjangkit virus dan trojan.

Bebaskan dan Legalkan dirimu dengan open source. Merdeka !!!!.

19 comments:

Anonymous said...

halloooo...
kebetulan browsing mengenai zyrex ubud dan baca blog anda.
Saya ingin beli zyrex ubud, boleh dijelaskan kelebihan dan kekurangannya? Apa betul vga nya nggak dukung banget buat maen game? masih kalah ama asus eeepc? btw, saya pernah punya eeepc 2g surf, dan lancar2 aja buat maen game @ zombie shooter dll
trims ya
laniayu@hotmail.com

Ali said...

halo juga mbak Lani yang ayu
Kalo dari review yang pernah saya tonton di youtube, rendering untuk nonton film, Zyrex Ubud (Cloudbook merek di US) lebih bagus dari eee pc, kalau untuk game saya kurang tahu soalnya saya bukan gamers. Kelemahan yang saya rasa paling besar dari Zyrex ubud memang panasnya yang cukup terasa sampai ke keyboard, tapi selama ini saya belum pernah bermasalah walaupun saya pakai buat download sambil ditinggal tidur aman-aman aja.
Panas yang cukup terasa kalo kita pake wifi nya, tapi urusan koneksi lumayan cepat buat bisa menemukan jaringan wifi yang ada. Kelemahan lain bundling softwarenya, dulu saya dikasih Vista Starter, tampilan logo di pojok kanan bawah anoying banget, kalo pakai Win Xp, performanya bisa lebih bagus lagi, lebih enteng. Atau pake Linux sekalian yang gratis.
Cukup dari saya ya, mudah-mudahan puas, terima kasih sudah main diblog saya yang sok tahu :D

Anonymous said...

zyrex ubud tuh notebook ya mbak? spek-nya seperti apa? di sekolah aku pake zyrex studia, malah gak bisa di-instal ubuntu 8.10. jika pake versi sebelumnya malah ndak ndukung SATA.

speknya: P4 Dual Core 2ghz, ddr 512mb, hdd 80 gb sata, vga(s3)-soundcard-lan onboard.

Ali said...

Zyrex Ubud itu kelasnya Netbook (notebook dengan layar 7 inchi seperti Asus eee pc).
Masa sih, spek segitu tidak bisa pakai ubuntu, netbook itu speknya rendah lho, tapi bisa install ubuntu kok. Spek ubud pakai processor Via C7 1,2 ghz, Ram 1 gb, harddisk 30 gb... rendah kan speknya.
Btw, nama Ali kok dipanggil mbak sih??

Unknown said...

Bismillah.
Saya belum lama pake ubud611 juga memasang intrepid disini. Tapi belum pernah coba wifinya. Apa kalo ketemu hotspot langsung autodetek atau ada trik biar mempermudah koneksi. Mohon pencerahannya. Terima kasih

Anonymous said...

@ Asep, selama ini sih saya tidak pernah masalah dengan wifinya, kebetulan dirumah saya pakai Linksys WRT 54GL, Ubud bisa langsung autodetect pake Intrepid asalkan Wifi nya aktif (hidup). Untuk hotspot yang umum saya pernah coba waktu masih pakai Linux Mint 5 lancar juga tuh.

Pengalaman saya, kalau kita dual boot dengan windows, maka sebelum booting linux, wifi harus dihidupkan dari windows, tapi bila hanya pakai linux biasanya wifi sudah langsung on sejak instalasi awal (tandanya lampu indikator wifi disebelah kanan tombol power menyala).

Unknown said...

Bismillah.
Ganggu lagi nih Mas.
Kalo untuk pairing blutut kok kendalanya setiap kali ditanya password ubud di device (misal HP) selalu gagal? emang password nya gak umum pake 1234? saya tanya zyrexnya juga gak dapet jawaban. Barangkali Mas Ali tau solusinya?
Terima kasih

Ali said...

@ Asep
Mas Asep, kalo untuk pairing bluetooth memang tidak pakai password standar device (misalnya 12345 buat nokia) tapi pakai password yang diminta sama si pc/notebook (dalam hal ini si Zyrex Ubud), jadi sewaktu pairing pc/notebook memberi password yang harus kita input di device kita (handpone/pda)

Unknown said...

Bismillah.
Jazakumulloh khoiron pencerahannya mas Ali. Sudah berhasil pairingnya.
Nanti saya mau minta sharing lagi ya.
Barokallohu fiikum

Anonymous said...

Alhamdulillah, semoga bermanfaat dan semakin banyak yang berani mencoba menggunakan open source yang gratis, praktis dan legal.

Unknown said...

Bismillah.
Hehe.....ngerepotin sharing lagi nih Mas Ali.
Kalo webcamnya apa emang udah bisa dipake di intrepid?
Tau dong lanjutan pertanyaannya.....gimana caranya?
Barokallohu fiikum

Anonymous said...

Tenang mas, selama saya bisa bantu saya coba deh.
Saya sudah pernah sukses untuk sekedar mengaktifkan webcam pakai ubuntu 8.04 sama di linux mint 5, tapi masih belum berarti lah, karena aplikasi kopete yang merupakan satu2nya aplikasi messenger untuk KDE belum stabil untuk bisa broadcast cam chatt di GNOME.
Aplikasi yang dipakai namanya wxcam, mungkin nanti akan saya coba posting caranya. tapi kalau Mas Asep penasaran, coba aja googling tuh aplikasi pakai keyword "wxcam ubuntu debian" download aja yang dari sourceforge atau softpedia.
Trus instal pakai Debian installer.
Mudah-mudahan sukses yah, selamat berusaha.

Unknown said...

Bismillah.
Terima kasih sarannya Mas.
Hanya kalo boleh sharing sebagai sesama ubuntuer. Saya sudah pernah coba pake "Camorama webcam viewer", Programnya sih jalan, cuma keliatannya memang si intrepid belum ngedetek webcamnya. Hasil gooling saya dapet keterangan disini
http://mapopa.blogspot.com/2008/09/solving-webcam-and-wireless-on-everex.html
Tapi, maklum lah, otodidak jadi kagak ngarti aplikasinya di intrepid saya.
Insyaalloh saya nyoba wxcam nya barusan donlot.
Terimakasih waktunya.
Barokallohu fiikum

Unknown said...

Bismillah.
Wah, Mas Ali nih TOPP BGT.
wxcam berfungsi dengan sukses.
Jazakumulloh khoiron, Barokallohu fiikum.
Menyusul sharing berikutnya...he...he

Anonymous said...

Alhamdulillah, seneng ya Mas Asep kalo usaha kita berhasil. Apalagi dengan tekhnologi Via yang dipakai oleh Zyrex memang belum sepenuhnya kompatibel sama linux. Tapi itulah hebatnya open source, dengan dukungan komunitas dari seluruh dunia, sampai mampu membuat hardware yang tidak support bisa menjadi bekerja.

Unknown said...

Bismillah.
Mas Ali, waktu saya masih pake compaq presarrio dan nanem ubuntu hardy di dalamnya, konek ke lcd proyektor tinggal plug n play tanpa ngutak ngatik apa-apa lagi.
Tapi kok di ubudku ini n lewat intrepid kenapa gak bisa dikenali. ada tipsnya?
Barokallohu fiikum.

Anonymous said...

Waduuh, akhirnya kena juga yah di masalah VGA Driver ... saya juga masih bermasalah tuh, tapi coba aja pake drivernya di sini http://linux.via.com.tw/support/downloadFiles.action cuma sayang masih belum stabil tuh

fery said...

haloo salam kenal,sy juga pake ubud,tp duluuu,,sampe sekarang dibiarin kosong aja tanpa os krn bingung cr os yg pas,,cobain linux ga nemu2 yg cocok,,kurang usaha kalii yaa,,
sekarang kan dah keluar ubuntu 12.xx support dg ubud ga?ato mending pake yg 8.10 aja?kasi saran dunxxx om
makasi

Anonymous said...

Saya ada master Ubuntu 14.04, di rumah ada Zyrex Ubud.

Ada banyak file office berekstensi docx, xlsx, pptx......kira2 bisa dibuka pakai Libre ga ya? kompatibilitas office-nya gmn gan?

Selain Libre, Office apa yg kompatible sama MS Office gan?

Submit This Blog

Add to Technorati Favorites Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Free Web Hosting with Website Builder