Custom Search

Kirimkan Donasimu Untuk Palestina

Wednesday, November 12, 2008

Sampah??

Semua makhluk yang ada di dunia ini pasti menghasilkan sampah, apapun jenisnya baik itu manusia, hewan sampai tanaman.

Sampah terdiri dari berbagai jenis, yang pada intinya adalah sesuatu yang memang sudah tidak berguna oleh si pemilik sehingga harus dibuang, contohnya - maaf - kotoran manusia atau hewan, pada tumbuhan seperti daun yang sudah layu atau buah yang terlalu matang yang harus dibuang oleh sang tumbuhan tersebut untuk dapat digantikan posisinya dengan daun atau mungkin buah yang baru.

Walaupun sudah dianggap tidak berguna, namun pada komunitas lain sampah itu bisa menjadi berguna, contohnya kotoran binatang yang diolah menjadi pupuk. Seperti yang dilakukan oleh Veolia dalam melakukan waste management, mereka mampu mengelola sesuatu yang sudah dianggap tidak berguna bahkan mengganggu, menjadi sesuatu yang dapat dimanfaatkan.

Selain sampah jenis organik (yang secara natural dapat diolah kembali atau mendaur ulang sendiri) seperti contoh diatas, ada juga sampah non organik yang sangat sulit untuk berdaur ulang. Sampah jenis inilah yang sangat mengganggu kehidupan dan ekosistem. Contohnya limbah plastik sampai limbah nuklir yang dapat mencemarkan kehidupan makhluk hidup. Sampah jenis ini harus dapat ditemukan solusi untuk mengatasinya, karena sampah jenis ini sangat sulit untuk berdaur ulang, kalaupun bisa memerlukan waktu yang sangat panjang dan membutuhkan tempat yang sangat luas bila hanya ingin dikumpulkan sampai hancur dengan sendirinya.

Di negara tetangga kita Australia sudah terdapat waste management sydney yang mengaku sudah mampu mengelola atau mendaur ulang berbagai jenis sampah dari mulai yang natural hingga yang sulit untuk berdaur ulang seperti sampah plastik, kaca, puing bangunan, sampah elektronik hingga mengelola sampah menjadi sebuah sumber tenaga (reaktor).

Waste management sydney adalah sebuah terobosan dan contoh yang harus ditiru, khususnya dinegara tercinta Indonesia ini. Selama ini sampah menjadi satu dari banyak penyebab masalah dinegeri ini, dari mulai penyebab banjir hingga wabah penyakit. Semoga saja pemerintah kita mampu dan mau untuk meniru hal tersebut demi kesejahteraan masyarakatnya. Tentunya hal ini juga bisa berjalan bila didukung oleh masyarakat yang menyadari betapa pentingnya manajemen sampah tersebut.

Hal yang terbayang dalam benak saya adalah bagaimana kegiatan ini dapat meminimalisir masalah yang timbul akibat sampah dan mampu menyerap tenaga kerja kita, dan tentunya menjadi sumber penghasilan bagi negara tercinta ini.... semoga.

No comments:

Submit This Blog

Add to Technorati Favorites Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Free Web Hosting with Website Builder