Custom Search

Kirimkan Donasimu Untuk Palestina

Thursday, December 25, 2008

Belajar jadi marketer kantor sendiri

Bulan Puasa 2008 kemarin, semua jajaran Direksi dikantor tempat saya bekerja diganti semuanya, memang sih usia mereka yang diganti sudah memasuki usia pensiun. Jajaran direksi yang baru sekarang memang sepertinya sangat bersemangat untuk menaikkan performa perusahaan. Berbagai training dan upskilling dilakukan oleh mereka sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas para pekerjanya. Dari mulai training oleh motivator Andrie Wongso, hingga terakhir Desember ini kami ditraing oleh Kafi Kurnia si "Biang Penasaran".

Didorong oleh rasa penasaran juga, saya jadi ingin mencoba memasarkan produk kantor sendiri di blog ini, soalnya kita semua didorong untuk bisa menjadi pemasar, intinya tetep satu sih, jualan kantor tinggi, uang banyak masuk, hasil akhir yang diharapkan adalah kesejahteraan pekerja.

Sebagai perkenalan, PT Pertamina Tongkang adalah nama perusahaan tempat saya bekerja atau lebih dikenal dengan sebutan PTK. Perusahaan kami menjual jasa industri pelayaran yang menyediakan kapal-kapal kerja jenis Anchor Handling Tug & Supply (AHTS), hingga tugboat dan tongkang (barge). Selain itu sebagai pendukung usaha jasa maritim, perusahaan kami juga menyediakan jasa keagenan untuk kapal-kapal yang ingin bersandar dan minta dilayani di Pelabuhan-pelabuhan Khusus Pertamina sampai urusan Administrasinya.

Kata orang tak kenal maka tak sayang, jadi buat yang belum tahu apaan sih kapal-kapal kerja itu, saya coba gambarin sedikit yah.

Anchor Handling Tug & Supply, sesuai namanya, kapal jenis ini adalah kapal jenis serba bisa, dia bisa melakukan pekerjaan Anchoring (lego jangkar) biasanya untuk Rig Offshore yang mau masang jangkarnya pakai kapal jenis ini, kapal jenis ini bisa bermanuver empat arah maju, mundur, samping kanan dan kiri. Jadi kapal ini dipakai untuk mengarahkan Rig pada posisinya yang tepat sebelum Rig tersebut melego jangkarnya, makanya disebut pekerjaan Anchoring.

Disamping Anchoring, AHTS juga mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang lazim dilakukan di Rig Offshore, seperti Towing (menarik Tali untuk memasang pipa atau tiang) untuk jenis pekerjaan ini disebut Handling. Sedangkan Tug adalah istilah untuk menunda (menarik), bisa untuk menarik kapal atau tongkang.

Kapal AHTS ini mempunyai buritan yang cukup luas dan panjang sehingga bisa dipakai buat mengangkut kebutuhan Rig seperti pipa dan tiang. Untuk urusan inilah istilah Supply dipakai, selain barang tentunya juga bisa digunakan untuk mengangkut Crew Rig dalam jumlah besar, yang tidak bisa tertampung bila menggunakan kapal Mooring.

Lain lagi dengan Tug Boat, kapal jenis ini hanya melakukan pekerjaan Tug saja untuk menarik Tongkang atau Kapal, kadang digunakan untuk melakukan tunda untuk kapal yang akan bersandar dipelabuhan.

Kedua jenis kapal kerja itulah yang sering dibutuhkan dalam industri Migas, disamping kapal jenis Tanker, bedanya kapal Tanker dibutuhkan bila kilang sudah berproduksi, sedangkan kapal kerja jenis AHTS digunakan mulai dari menarik Rig hingga kilang selesai berproduksi.

Saya harap sedikit gambaran kapal tersebut bisa menjadi gambaran buat teman-teman yang belum tahu. Dan saya juga berharap apabila diantara teman-teman ada yang membutuhkan kapal-kapal kerja jangan ragu-ragu untuk menghubungi saya lewat yahoo messenger disamping (kalau lagi online :p), atau langsung menghubungi bagian Marketing kantor saya di 021-31923005 atau datang langsung ke Kantor Pusat kami di Jl Kramat Raya Kav 29 Jakarta Pusat - 10450. Alamat website kantor kami ada di www.pertaminatongkang.co.id

PTK juga membuka cabangnya untuk menjangkau customer lebih dekat, cabang-cabang kita ada di 11 lokasi berikut: Arun, Dumai, Batam, Jambi, Plaju, Tg Priok, Cilacap, Surabaya, Bontang, Balikpapan dan Sorong. Untuk alamat dan no telpon bisa dilihat di sini.

Sukses selalu bersama kita.

No comments:

Submit This Blog

Add to Technorati Favorites Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Free Web Hosting with Website Builder