Custom Search

Kirimkan Donasimu Untuk Palestina

Tuesday, February 3, 2009

Pairing Bluetooth Di Ubuntu 8.10 - Intrepid Ibex

Sudah lama juga saya mengalami kebuntuan menulis, mudah-mudahan bukan karena saya memakai Distro Ubuntu. Karena memang saya masih buntu, saya coba posting screenshot nya saja yah, mudah-mudahan bisa cukup membantu teman-teman yang masih belajar seperti saya.

Sebelum memulai proses pairing ini, sebaiknya device yang akan kita pairing (seperti handphone atau pda) dihidupkan bluetoothnya, dan jangan lupa diatur agar device tersebut dapat ditemukan (discoverable).





Pertama-tama kita klik kanan pada logo bluetoth yang ada dipanel seperti gambar diatas, lalu pilih 'Setup new device'. Setelah itu akan muncul Dialog Box seperti gambar dibawah ini, langsung saja klik 'Forward'.



Tidak lama akan muncul device yang bluetoothnya sudah hidup. Pada contoh dibawah terlihat bahwa 'Pocket_PC' yang akan di pairing sudah terdeteksi. Klik pada device list tersebut kemudian klik 'Forward'.













Setelah proses diatas, kemudian intrepid akan mengeluarkan PIN Code yang harus diinput pada device yang akan di pairing, pada device pun akan ada seperti pop up message untuk memasukkan Pin Code. Masukkan Pin Code (biasanya 4 digit) pada device yang akan di pairing.


Maka selesailah proses pairing device, dan device pun dapat di eksplorasi melalui komputer, tentunya tergantung dengan fasilitas yang tersedia pada device tersebut. Fasilitas standar yang ada pada handphone ber bluetooth saat ini cukup lumayan bisa diandalkan, seperti fasilitas modem, send/receive file (obex) dan file explorer.



Tuh kan masih buntu. Untuk menulis penutup dari posting ini saja saya masih bingung. Mudah-mudahan kebuntuan ini tidak bertahan lama. Aamiin.


No comments:

Submit This Blog

Add to Technorati Favorites Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Free Web Hosting with Website Builder